Cara Memilih Monitor LCD 2nd

Inilah bagaimana Tips cara memilih atau membeli LCD monitor second (2nd) atau bekas. Ilmu ini saya dapatkan dari blogpintar.com, dan saya bagi di sini biar menjadikan kita semua lebih paham dalam memilih Monitor LCD yang bagus dan tidak menyesal dikemudian hari. Berikut hal-hal yang harus di perhatikan:


1. Resolusi Layar

Resolusi tiap-tiap monitor pastinya berbeda dilihat dari ukurannya. Semakin besar resolusi yang dihasilkan maka kualitas monitor LCD tersebut semakin baik. Resolusi ini juga dipengaruhi oleh lebar layar monitor, dari ukuran 1280 x 768 pixel (untuk ukuran 15 inchi) hingga ukuran 1920 x 1200 pixel (untuk ukuran 24 inchi). Anda akan mendengar istilah monitor HD ready (harganya lebih mahal), istilah ini untuk monitor LCD yang mendukung resolusi minimal 1400 x 1050 pixel untuk mensupport teknologi High Definition. Jika monitor sudah HD ready, bisa dikatakan monitor tersebut sudah cukup baik.

2. Contrast Ratio

Contrast Ratio dapat dijadikan poin untuk menentukan baik tidaknya kualitas sebuah monitor LCD. Semakin tinggi nilai contrast ratio maka semakin baik kualitas sebuah monitor LCD. Apa sih contrast ratio itu?? contrast ratio menunjukkan banyaknya warna antar hitam dan putih, biasanya untuk menampilkan gradasi warna, dan ditunjukkan dengan nilai sekian banding satu (misal 1000:1 atau 50000:1). Pastikan monitor LCD yang akan Anda beli memiliki nilai contrast ratio yang tinggi.

3. Respon Time

Respon ditunjukkan dengan nilai mili second (ms). Semakin rendah nilai respon timenya, maka semakin baik kualitas monitor LCD tersebut. Respon time yang baik antara 2 - 5 ms, untuk standar monitor LCD saat ini.

4. Dot Pitch

Dot pitch merupakan ukuran pixel pada sebuah monitor LCD. Semakin kecil ukuran dot pitch, maka semakin rapat gambar yang akan dihasilkan, dan tentunya semakin baik kualitas monitor LCD tersebut. Sebagai contoh dot pitch yang baik dengan ukuran 0.282 mm (milimeter).

5. View Angle

View angle merupakan sudut pandang Anda dalam memakai monitor. Perlu Anda perhatikan untuk view angle sebuah monitor LCD, monitor LCD yang baik tentunya memiliki view angle yang lebih luas, ini digunakan untuk melihat layar monitor dari sisi manapun. Ketika Anda menghadap monitor dari arah yang lurus (pandangan sejajar dengan monitor) maka monitor akan menampilkan gambar (warna) yang terbaik, namun ketika Anda geser badan Anda agak kekiri/kekanan atau keatas/kebawah, maka warna dan brightnessnya juga akan berubah. Nah monitor LCD yang baik, memiliki view angle yang lebih luas, jadi Anda dapat lebih leluasa melihat layar tanpa mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan. LCD yang buruk ketika Anda geser sedikit posisi Anda maka akan berubah warna dan ketajamannya. Nilai view angle standar baik adalah sekitar 160 derajat horisontal dan 160 derajat vertikal.
Labels : Komputer Malang

2 Response to "Cara Memilih Monitor LCD 2nd"

  1. Anonim Says:
    4 Mei 2010 pukul 00.55

    yhansk bro infonya

  2. Unknown says:
    16 Mei 2010 pukul 18.24

    thanks infonya

Posting Komentar